Mazda Motor Corp.
RX-8 Spirit R, edisi terakhir mobil sport Mazda bermesin rotari.Mazda Motor Corporation (MMC) hari ini mengumumkan memperkenalkan RX-8 SPIRIT R. Versi ini merupakan edisi khusus, yaitu RX empat pintu, empat tempat duduk bermesin rotari. Rencana penjualan dimulai 24 November 2011 pada seluruh dealer Mazda dan Mazda Anfini di Jepang.
Dijelaskan, ini edisi khusus ini merupakan produksi terakhir dari Mazda RX-8 yang akan dihentikan pada akhir Juni 2012. Mazda berharap bisa menjual edisi ini sekitar 1.000 unit.
Jok RecaroRX-8 SPIRIT R menggunakan basis RX-8 Type RS (transmisi manual 8-percepatan) dan Type E (transmisi otomatik 6-percepatan yang dikontrol secara elektronik). Nama edisi khusus SPIRIT R sebelumnya, menandakan akhir dari RX-7.
Ciri khas edisi terakhir ini, tampil lebih gaya dan stylish dengan desain jok eksklusif model buket dari Recaro.Sedangkan pelek alloy berwarna dipasangkan dengan 225/40-R19 89W (warna kuningan). Mobil ini dipasangi logo khusus SPIRIT R, lampu depan, lampu kabut dan kombinasi belakang dengan bezel hitam. Kaliper rem depan dan belakang juga dicat merah. Hal yang sama dilakukan pula terhadap rumah transmisi, dicat hitam piano dan untuk keamanan dipasang kantung udara SRS di depan serta model tirai di samping.
Model eksklusif ini, joknya dilapisi kulit dengan jahitan benang merah. Setir juga berlapiskan kulit seperti jok. Untuk menambahkkan penampilan interior yang makin gaya, tuas transmisi beraksentuasi merah, suspensi berkarakteristik sport dan rem berukuran besar. Juga disediakan versi dengan ban dan pelek 225/45-R18 91 W.
Untuk warna bodi, pilihannya, aluminium metallic, sparkling black mica dan crystal white pearl mica.
HargaEdisi khusus atau seri pamungkas Mazda RX ini, menggunakan mesin dua rotor, berpendingin air (0,654L x2), gerak roda belakang, transmisi manual 6-percepatan, dibandrol 3.250.000 yen atau Rp380 juta (termasuk pajak). Untuk transmisi otomatik 6-percepatan yang dikontrol secara elektronik (Activematic), dijual 3.120.000 yen (365 juta).
Kendati produksi RX dihentikan, Mazda mengatakan akan terus mengembangkan mesin rotari.
Sejarah mesin rotari Mazda
Juli 1961 | Menandatangani kontrak teknik dengan NSU dan Wankel |
Mei 1967 | Mengumumkan penggunaan mesin rotari dan memperkenalkan Cosmo Sport 110S |
Juli 1968 | Memperkenalkan Familia Rotary Coupe/MazdaR100 |
Oktober 1969 | Memperkenalkan Luce Rotary Coupe/R130 Coupe |
Juli 1961 | Memperkenalkan Capella Rotai/Mazda RX-2 seri |
September 1971 | Memperkenalkan Savana Rotary/Mazda RX-3 |
November 1072 | Memperkenalkan Luce Rotary/Mazda RX-4 Series |
Juni 1973 | Total produksi mobil bermesin rotari 500.000 unit |
April 1975 | Memperkenalkan Roadpacer |
Oktober 1975 | Memperkenalkan Cosmo AP/Mazda RX-5 |
Juli 1977 | Memperkenalkan Cosmo L(Landau top) |
Oktober 1977 | Memperkenalkan Luce Legato/Mazda 929L |
Maret 1978 | Memperkenalkan Savana RX-7/Mazda RX-7 |
November 1978 | Total produksi mobil bermesin rotari 1 juta unit |
November 1981 | Memperkenalkan New Cosmo dan Luce/Mazda 929 Rotary |
April 1986 | Total produksi mobil bermesin rotari 1,5 juta unit |
September 1986 | Memperkenalkan Luce desain baru |
April 1900 | Memperkenalkan Eunos Cosmo dengan mesin rotari 3-rotor |
Juni 1991 | Mazda 787B memenangkan lomba ketahanan LeMans 24-jam |
Desember 1991 | Memperkenalkan RX-7 desain baru |
Maret 2022 | Memperkenalkan SPIRIT R, edisi terakhir RX-7 |
April 2003 | Memperkenalkan RX-8 |
0 komentar:
Posting Komentar